Pencegahan dan Pengobatan Chikungunya

chikungunya

Pencegahan dan Pengobatan Chikungunya - Dewasa ini makin banyak bermunculan penyakit yang menyerang manusia salah satunya adalah ChikungunyaChikungunya merupakan penyakit yang ditandai dengan demam mendadak, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit. Sering disertai dengan kondisi tubuh lunglai tak berdaya. Gejala lainnya yang dapat dijumpai adalah nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada konjunktiva (selaput lendir mata), pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, mual, muntah dan kadang-kadang disertai dengan gatal pada ruam. Sampai saat ini, belum pernah dilaporkan adanya kematian karena penyakit ini. Kita harus tahu penyebabnya sehingga kita dapat melakukan Pencegahan dan Pengobatan Chikungunya.

Chikungunya merupakan penyakit sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes aegyptiChikungunya berasal dari bahasa Swahili yang berarti "yang melengkung ke atas", mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (arthralgia). Nyeri sendi ini menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Keamanan Laboratorium Kanada, terutama terjadi pada lutut, pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.

Virus ini menyerang semua umur baik anak–anak maupun dewasa di daerah endemis. Pada Anak kecil dimulai dengan demam mendadak, kulit kemerahan serta sering disertai gejala flu. Bahkan ada anak dijumpai dengan demam tinggi yang mengakibatkan kejang demam. Pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, demam diikuti rasa sakit pada otot dan sendi sehingga sulit untuk berjalan dan pembesara kelenjar getah bening. Mual dan muntah juga bisa menyertai. Demam ini biasanya hanya tiga hari tanpa perdarahan.

CARA PENULARAN
Penularan demam Chikungunya terjadi apabila penderita yang sakit digigit oleh nyamuk penular, kemudian nyamuk penular tersebut menggigit orang lain. Biasanya tidak terjadi penularan dari orang ke orang. Penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa hari kemudian sembuh sendiri. Pada zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, dimana seseorang hari ini dapat berada di Eropa, dan esok harinya sudah di Jakarta menyebabkan penyebaran virus amat dimungkinkan. Orang yang tertular penyakit di suatu negara bisa saja membawanya ke Indonesia.

LANGKAH PENGOBATAN CHIKUNGUNYA
Masa inkubasi 2–4 hari dan manifestasi penyakit 
Chikungunya berlangsung 3–10 hari. Virus ini termasuk self limiting disease alias hilang dengan sendirinya. Jadi usahakan jangan panik jika anggota keluarga mengalami penyakit Chikungunya karena tidak sampai menimbulkan kematian. Tapi rasa nyeri masih akan tertinggal dalam hitungan minggu sampai bulan. Dan harus waspada pada anak yang punya riwayat kejang demam. Tidak ada vaksin atau obat khusus untuk penyakit Chikungunya.  Cukup minum obat penurun panas dan penghilang nyeri serta istirahat dan asupan makan dan minum bergizi yang cukup. Untuk anak berikan obat penurun panas dan kompres untuk antisipasi demam tinggi yang mengakibatkan kejang demam. Dokter biasanya memberikan golongan obat penurun panas/flu dan analgesik serta vitamin penguat daya tahan tubuh. Perbanyak air putih, asupan karbohidrat dan protein, makan buah-buahan segar terutama setelah melewati lima hari demam untuk memulihkan kondisi seperti semula.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, khasiat air kelapa sebenarnya telah lama dikenali oleh masyarakat dapat digunakan untuk pengobatan demam Chikungunya walaupun khasiat tersebut baru belakangan ini diketahui. Walaupun air kelapa tidak menyembuhkan penyakit, tetapi air kelapa dapat membantu pasien sembuh lebih cepat. Ahli sains alam Dilip Kumar dan Jagdev Singh, presiden Malaysian Dietary Supplement, mengatakan bahwa air kelapa baik untuk beberapa penyakit seperti kolera, disentri dan tifoid. Lebih lanjut Jadgev Singh mengatakan air kelapa sangat membantu bagi mereka yang mengalami demam Chikungunya karena sangat baik dalam mendetoksifikasi hati, sebuah organ yang membantu mengendalikan suhu tubuh. Dia mengatakan virus penyebab penyakit Chikungunya berkembang dalam hati selama periode waktu tertentu. Karena hati ini merupakan organ yang dapat mengambil manfaat dari air kelapa, maka virus yang ada di dalamnya akan tertekan dengan adanya air kelapa ini.

Sampai saat ini belum ditemukan obat spesifik untuk penyakit Chikungunya  Juga belum ditemukan imunisasi yang berguna sebagai tindakan preventif. Namun pada penderita yang telah terinfeksi timbul imunitas/kekebalan terhadap penyakit Chikungunya dalam jangka panjang. Pengobatan yang diberikan umumnya untuk menghilangkan atau meringankan gejala yang ada saja (symptomatik therapy), seperti pemberian obat panas, obat mual/muntah, maupun analgetik untuk menghilangkan nyeri sendi.

CARA PENCEGAHAN CHIKUNGUNYA
Penderita sebaiknya diisolasi dari gigitan nyamuk, sehingga dapat mencegah penularan ke orang lain. Setiap orang dapat mencegah gigitan nyamuk penular demam Chikungunya dengan kelambu, obat nyamuk bakar dan semprot atau dengan kasa anti nyamuk. 


Pembersihan sarang nyamuk di rumah sendiri adalah sangat penting, tetapi adanya sarang nyamuk di rumah tetangga merupakan ancaman penyebaran demam Chikungunya  karena nyamuk dapat terbang sangat jauh. Penyakit yang dibawa ada yang dapat hilang dengan sendirinya, namun dapat pula berlanjut siklusnya bila faktor pendukungnya ada. Jagalah selalu kebersihan di sekitar tempat tinggal kita agar kemungkinan terjadi wabah penyakit seminimal mungkin terjadi. Lakukan fogging di setiap rumah, asrama, sekolah, masjid, terminal dan tempat-tempat umum lainnya. Untuk obat fogging bisa digunakan K-Othrine 20EW, Ficam 80WP, Solfac 10WP, Bistar 25EC, Mustang 25EC, Delfox 25EC, Hypro 100EC, Greendivos 250EC, Procon 25EC, Icon 25EC, Lashio 25EC, Seruni 100EC, Cyper 100, Nuvet, atau Inseckil 50EC.

Demikian posting blog tentang Cara Pencegahan dan Pengobatan Chikungunya.

Tambahkan Keranjang

0 komentar:

Posting Komentar

Sadhana Sentosa yang menjual Alat dan Obat Pest Control siap membantu Anda. Anda sopan kami segan...

TENTANG HAMA KOTA :



hama nyamuk hama lalat hama kecoa hama tikus hama semut hama rayap