Tikus Yang Suka Membuat Masalah

pengendalian tikus

Tikus si muka monyong ini kerap menjadi masalah yang hingga saat ini sulit ditangani. Tidak hanya di rumah, di tempat kerja, bangunan-bangunan, di atas kapal laut maupun tempat lain ternyata mereka selalu menimbulkan masalah karena tikus sering menggigit atau mengerat benda apa saja yang ditemukannya.

Namun yang lebih penting adalah tikus ini sangat potensial menimbulkan kerusakan dan kerugian yang tidak sedikit. Perkembangbiakan tikus sangat cepat, umur 1,5 - 5 bulan sudah dapat berkembangbiak. Setelah hamil 21 hari, setiap ekor dapat melahirkan 6 - 8 ekor anak. 21 hari kemudian pisah dari induknya dan setiap tahun seekor tikus dapat melahirkan 4 kali.

Tikus suka hidup di tempat gelap yang bersemak-semak dari banyak rerumputan di dekat sumber makanan. Sebagai makhluk hidup yang tergolong dalam hewan menyusui, tikus memiliki otak yang berkembang baik sehingga dapat belajar dari hal-hal yang dialaminya.

Tahukah Anda bahwa banyak tikus termasuk hewan yang berintelegensi tinggi di kelasnya (hewan pengerat)?  Artinya tikus atau rat (hewan pengerat) ini lebih pandai dan cerdik terutama dalam adaptasi terhadap lingkungan hidup maupun dalam mencari makanan. Tikus memiliki kemampuan 'belajar' dimana mereka dengan mudah mampu membedakan mana saja yang biasa dihadapi, dialami, dan dilakukan dengan mana yang asing buat mereka. Namun demikian tikus termasuk hewan yang pemalu atau penakut apalagi bila melihat sesuatu yang asing dalam wilayahnya.

Fakta tentang tikus:
  1. Vektor penyakit berbahaya seperti leptospirosis, sampar, thypus, cacing, dan lain-lain.
  2. Merusak bahan makanan dan peralatan.
  3. Menjijikkan dan membuat tidak nyaman.


cara membasmi tikus
Tambahkan Keranjang

0 komentar:

Posting Komentar

Sadhana Sentosa yang menjual Alat dan Obat Pest Control siap membantu Anda. Anda sopan kami segan...

TENTANG HAMA KOTA :



hama nyamuk hama lalat hama kecoa hama tikus hama semut hama rayap